Dalam rangka Stikom Surabaya Festival (Stifest) 2016, program studi S1 Akuntansi menggelar lomba bertajuk “Accounting Games”. Accounting Games merupakan lomba adu pengetahuan tentang akuntansi, ketangkasan, ketelitian dalam pengerjaan akuntansi bagi perusahaan dagang, dan pembuatan aplikasi akuntansi dengan menggunakan microsoft excel. Event tahunan ini diselenggarakan oleh program studi Akuntansi dan HIMA Akuntansi ini diikuti oleh 17 tim peserta yang berasal dari berbagai SMA/SMK Sederajat di Surabaya dan sekitarnya. Adapun peserta yang mengikuti accounting games  ini terdapat 17 tim (masing-masing tim terdiri dari 3 anggota) dari SMK Antartika 2 Sidoarjo, SMA Kristen Petra 5 Surabaya, SMA Kristen Petra 2 Surabaya, SMAN 1 Sooko Mojokerto, SMAN 1 Gresik, SMA IPIEMS Surabaya, SMK Barunawati Surabaya, SMAN 2 Surabaya, SMKN 2 Buduran Sidoarjo. 

Rangkaian kegiatan ini diawali pada hari Selasa, tanggal 03 Mei 2016 dengan menyelenggarakan acara teknikal meeting dan Workshop “Fungsi Microsoft Excel Untuk Menunjang Akuntansi” yang dipandu oleh bapak Ignatius Adrian Mastan. 

 

Kemudian pada hari Kamis, tanggal 12 Mei 2016 dilanjutkan lomba akuntansi. 

Lomba dimulai pada jam 08:45 (sesi pertama) dengan mengerjakan soal akuntansi multiple choice, dan setelah itu mengerjakan soal akuntansi untuk perusahaan dagang. Ada yang unik disini, yaitu soal akuntansi perusahaan dagang terlebih dahulu telah dipisah menjadi 3 bagian oleh panitia kemudian masing-masing potongan dimasukan kedalam salah satu buku yang ada di rak perpustakaan Stikom Surabaya. Para peserta diarahkan ke Perpustakaan Stikom Surabaya untuk sejenak bermain Running Game, disana para peserta diminta untuk menemukan soal yang terdapat di rak buku perpustakaan yang kemudian. Mereka berlomba-lomba untuk menjadi yang tercepat dalam mecari dan menyelesaikan soal tersebut. Peserta juga terlihat sangat fun menikmati kegiatan ini, panitia memberikan clue berupa nama pengarang, judul buku, tahun terbit, penerbit, halaman dimana soal disisipkan dan rak bukunya. Peserta diwajibkan mencari terlebih dahulu soal-soal yang disisipkan dalam buku di perpustakaan, setelah semua soal terkumpul baru mereka diperbolehkan untuk mengerjakannya di ruang perpustakaan lantai 10. Pada sesi kedua, peserta  yang masuk babak final diadu pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan microsoft excel sebagai alat dalam menyajiakan laporan keuangan. Hasil dari pembuatan aplikasi berbantuan microsoft excel tersebut selanjutnya harus di presentasikan di depan 3 orang juri lomba.

Akhirnya, lomba yang berlangsung seharian penuh itu menobatkan tim 06 beranggotakan Ivan, Dicky, dan Jose dari SMA Kristen Petra 2 Surabaya sebagai Juara ke-1. Disusul dengan tim 07 dari SMA Kristen Petra 2 Surabaya di Juara 2, dan tim 11 dari SMA Kristen Petra 5 Surabaya sebagai Juara 3.